Tips Puasa Lebih Seru

Jumat, 12 Agustus 2011


Puasa identik dengan rasa lapar, haus, dan pengennya bermalas-malasan. Namun itu semua bisa kita atasi kok. Puasa itu sebenarnya sangat mengasyikan bila kita tahu cara mensiasatinya. Adapun tips agar puasa kita terasa nikmat yaitu :
1.      Harus Banyak Minum Air Putih.
Rasa haus lebih cepat melanda ketimbang rasa lapar. Apalagi dalam sehati kita wajib mengkonsumsi ddelapa gelas air putih. Makanya, untuk mengatasi hal itu, alanngkah baiknya kita minum air putih yang banyak biar nggak mengalami dehidrasi.
2.      Minum Madu dan Vitamin
Untuk menjaga keseimbangan tubuh, selama bulan ramadhan sebaiknya kita minum madu dan vitamin sebagai pengganti makan siang biar kita selalu fit sepanjang hari dan tetap lincah dalam melakukan segala aktivitas kita. Makanya kita ketika sahur setidaknya kita minum madu dua sendok dan vitamin.
3.      Banyak Makan Sayur
Saat puasa nggak ada istilah diet. Nah,....... makan sahur menjadi sesuatu yang harus dilakukan biar nggak loyo dan lemas. Apalagi sepanjang hari kita bakal membutuhkan banyak energi. Selain itu, dari sisi agama, makan sahur hukumnya sunnah. Kan sayang kalau kita tinggalin dan nggak dapat pahala tambahan.
4.      Olahraga
Puasa itu bukan berarti kita tidak bisa berolahraga. Kita bisa melakukan olahraga dua jam menjelang buka puasa. Namun, jangan ngelakuin olahraga yang berat seperti sepakbola, keliling lapangan tapi olahraga yang ringan-ringan aja kayak fitnes.
5.      Perbanyak Amal
Bulan ramadhan, bulan di mana pahala diobral besar-besaran. Sayang dong, kalau kita melewatkan begitu saja. Berbagi kasih dengan memberikan sesuatu yang berguna untuk orang  yang membutuhkan bisa menjadi arti yang indah  buat diri kita sendiri dan orang lain.
6.      Cari Tahu Makna Puasa Seungguhnya
Kita harus mencari tahu apa sih artinya kita berpuasa dengan menahan lapar, haus dan segala godaan yang ada. Karena, lewat pencarian itulah kita bakal belajar mengenal agama lebih dalam. Pastilah, kalau kita sudah tahu makna indahnya berpuasa, kita bakal merasa nggak rugi kenapa kita harus puasa dan sangat menyesal kenapa nggak puasa.
7.      Lebih Dekat Dengan Tuhan
Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk kita lebih mendekatkan diri dengan Allah. Banyak hal yang kita bisa peroleh saat kita dekat dengan Allah. Selain merasa lebih damai, kita mengenal arti  bersyukur dan punya kewajiban untuk melakukukan hal-hal yang yang diperintahkan-Nya termasuk menjalankan ibadah puasa.
Itulah beberpa tips agar puas lebih terasa nikmat, indah, dan bermanfaat.
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA.
Semoga segala amal ibadah kita mendapatkan pahala yang setimpal dari Allah SWT, amin ya robbil alamin..................................

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Pengikut