MASALAH TIDUR

Jumat, 12 Agustus 2011


Penyebab susah tidur
Kamu mungkin pernah mengalami susah tidur atau insomnia. Mata dipejam-pejamkan tetap nggak mau merem. Malah pikiran kemana-mana hingga ngaak bisa tidur ampai subuh. Kalau kondisimu normal, artinya kamu nggak sakit dan pikiran juga normal, tidur adalah hal yang paling gampang. Tetapi kalau kamu susah tidur berarti kamu punya masalah.
1. tidur tidak teratur
Tidur juga mesti teratur. Ahli tidur Dr. Jeffrey J. Lipsitz bilang, orang susah tidur karena dia tidak mempunyai siklus tidur yang teratur. Jadi tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya dan 9 malam san bangun jam 05.30 pagi. Maka setiap harinya kamu akan dan bangun sesuai dengan kebiasaanmu tu.
Cemas
Saat mau tidur kamu memikirkan masalah-masalahmu, atau terlalu banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan hin gga matamu susah untuk dipejamkan.
Stres
Ulangan, pe-er bertumpuk-tumpuk, paar, kerjaan, semuanya mempunyai andil yang dapat menambah tingkat stresmu. Kalau kamu sedang mengalami suatu masalajh berat sehingga kamu menjadi tertekan, maka tubuhmu tidak bisa santai dan mempengaruhi fisikmu.
Perubahan-perbahan dalam hidup
Ada banyak hal berubah dalam hidupmu. Ganti teman, pacar baru, ganti npelajaran, relasi baru,beradapatasi dengan tempat baru yang sangan berlawanan dengan kebuasaanmu, semua itu akan mempengaruhi fisikmu.

Supaya bisa tidur nyenyak
Ada beberapa hal yang mesti kamu hindari dan lakukan agar bisa tidur nyenyak.
1.      Mengkonsumsi obat tidur kecuali anjuran dokter
2.      Mendengarkan musik yang sangat keras dari tempat tidur
3.      Pergi tidur sehabis bertengkar
4.      Meminum-minuman yang menagndung kafein seperti kopi sebelum tidur
5.      Makan coklat seblum tidur
6.      Olahraga terlalu capek pas mau tidur.
Yang harus kamu lakukan
1.      Tidur dan bangun sekitar waktu-waktu yang sama setiap hari
2.      Pastikan bahwa kamar tidurmu cukup tenang
3.      Meminum teh chamomile dan teh pappermint, atau minuman yang mengandung susu.
4.      Berendan atau mandi dengan air panas
5.      Atur agar cahaya matahari masuk ke kamarmu pada siang untuk menjaga suhu kamar tetap hangat.

Akibat susah tidur
1. berat badan bertambah
Penelitian mencatat bahwa orang yang tudurnya kurang dari 6 jam, berat badannya akan cepat meningkat dibandingkan orang yang tidurnya sekitar 9 jam per malam. Hal itu disebabkan karena disaat tidur tubuh membakar lemak lebih banyak.
2. depresi
Kelelahan yang berlebihan dapat menyebabkan orang depresi. Tubuuh merasa tidak nyaman dan akhirnya membuatnya down. Tubuh akan pulih kembali kalau kamu tidur.
3. kehilangan konsentrasi
Kurang tidur membuatmu sulit kinsentrasi dalam waktu yang lama
4. sakit atau infeksi
Tidur membantu memperbiki tubuhmu, baik secara fisik maupun mental. Dengan tidur cukup maka tubuh akan dapat melawan infeksi dari virus-virus flu, batuk, dan filek.
5. pikiran-pikiran bunuh diri
Penelitian menunjukan bahwa remaja yang tidur sangat kurang dari waktu yang dianjurkan mempunyai kecenderungan untuk berpikir ingin mengakhiri hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Pengikut