Cara Bikin Asyik Puasa

Jumat, 12 Agustus 2011


Banyak cara bikin asyik puasa
Puasa tinggal beberapa hari lagi. Tentu kita merasa bahagia karena masih diberi kesempatan untuk bertemu lagi denga n bulan yang penuh berkah ini.
Percaya sih, soal menahan lapar dan ahus kita sudah terbiasa selama bulan Ramadhan. Namun banyak yang perlu kita seriussin lagi, namanya juga ibadah, nggak sekedar berbuat baik antar sesama saja tapi kita juga harus ......
1.      Bayar Hutang.
Maksudnya hutang puas Ramadhan yang lalu. Karena urusan yanng satu ini nggak ada manusia yang bisa melupakannya.
2.      Ambil Pelajaran
Selama menjalani puasa Ramadhan tahun lalu, pasti ada hal yang biasa dijadiin pelajaran. Misalnya aja, batal puasa gara-gara keasyikan jalan-jalan. Nantinya, jalan-jalan boleh saja tapi dikurangi, terutama jalan-jalan ke mall atau jalan-jalan yang nggak terlalu penting.
3.      Banyakain Baca Buku Keagamaan
Nggak bisa dipungkiri lagi kalau kita kurang mendalami ilmu agama. So, refresh ingatan kita tentang agama dengan banyak membaca buku-buku agama, khususnya tentang makna puasa.
4.      Pahami Dengan Benar.
Caamkan bahwa puasa nggak hanya menahan lapar dan haus. Banyak hal yang jauh lebih penting dan mendalam daripada itu.
5.      Minta Maaf
Biasanya menjelang puasa, kita sering menerima SMS dari teman-teman dan sodara-sodara kita yang meminta maaf sehingga mereka jadi lebih “ringan” saat menjalani puasa. Kalau memang teman bisa disamperin, ya udah kita datangin aja. Termasuk “musuh” kita. Berantem melulu itu nggak asyik, jadi di bulan yang berkah menjadi momen yang tepat untuk mengibarkan perdamaian.
6.      Cari Info Kegiatan
Pasti banyak acara-acara yang diadain khusus untuk mengawali rutinitas selama bulan Ramadhan yang bisa menambah wawasan kita. Biasanya sering diadain di masjid-masjid. So, cari tahu di masjid mana yang ada kegiatan tersebut.
7.      Tata Emosi
Marah boleh, bete boleh, tapi lihat sikon, dong. Belajar bersabar beh. Hal-hal negatif kayak tadi kan absolutely dilarang selama puasa. See, puasa bakal melatih pribadi kita juga.
8.      Kurangi Yang Nggak Penting.
Lihat lagi deh, kegiatan kita selama ini, banyakan nggak penting kah? Ke tempat clubbing, hmm pikir aja sendiri, pantas ga sih tetap dilakuin selama puasa?
9.      Jaga Kesehatan.
Banyakin makan buah dan sayur serta makan teratur. Udah gitu, olaraga jangan di lupain. Itu penting loh, supaya fisik kita kuat ngadepin puasa
10.  Ikhlas.
Ingat-ingat, jalani ibadah dengan ikhlas dan hanya berharap ridho-nya. Alasan lain? Buang jauh- jauh, deh. Insya allah kita akan menjadi umat-nya yang lebih


0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Pengikut